Rabu, 14 Maret 2012

Konsepsi Ilmu Budaya Dasar dalam kesusastraan

Konsepsi Ilmu Budaya Dasar dalam kesusastraan

 
Sastra juga didukung oleh sebuah cerita. Dengan sebuah cerita orang akan lebih mudah tertarik, dan dengan cerita orang lebih mudah mengemukakan sebuah gagasan-gagasannya.

Kesusastraan berarti  karangan  atau tulisan yang indah. Sastra sendiri adalah ekspresi pikiran dalam bahasa yang berupa sebuah pemikiran,perasaan,semangat,ide,dalam suatu bentuk gambaran.
Beberapa bentuk- bentuk kesusastraan :
Puisi
Cerita rekaan atau sebuah fiksi
Essay dan kritik
Drama 

Ilmu Budaya dasar mengajarkan pembentukan dan pengembangan kepribadian,mengenai berbagai gejala yang ada dan timbul dalam sebuah lingkungan, khususnya gejala-gejala yang berkaitan degan kebudayaan dan kemanusiaan.

Hubungan Ilmu Budaya Dasar dengan kesusastraan:

Sastra memiliki peranan yang penting, karena sastra menggunaka bahasa. Bahasa juga mempunyai kemampuan untuk menampung  hamper seluruh pernyataan kegiatan manusia, untuk memahami dirinya sendiri. Manusia menggunakan sebuah bahasa,  untuk memahami alam semesta, yang kemudian melahirkan ilmu pengetahuan. Dengan demikian manusia dengan bahasa pada hakekatnya adalah satu.
Sastra juga mempermudah untuk berkomunikasi, karena karya sastra adalah penjabaran abstraksi. Sementara itu, manusia juga mempergunakan bahasa adalah abstraksi. Cinta kasih, kebahagiaan, kebebasan yang digarap oleh manusia adalah abstrak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar