Selasa, 27 Januari 2015

Pengaruh Internet Bagi Kalangan Mahasiawa BAB 4 dan Quisoner

BAB IV
KESIMPULAN DAN SARAN


4.1 Kesimpulan
Berdasarkan data hasil penelitian yang dipaparkan dan analisis data yang yang telah ditampilkan pada Bab III, maka dapat diambil kesimpulan:
1. Terbukti bahwa ada pengaruhnya adanya pengaruh internet terhadap efektivitas kehidupan para mahasiswa, pengaruh tersebut baik secara positif maupun negatif. Dari hasil angket, didapatkan dampak positif penggunaan internet bagi mahasiwa adalah merupakan sumber pembelajaran. Internet juga dianggap sebagai sumber pembelajaran yang mampu meningkatkan minat studi dan kehidupan social maupun pencarian sebuah informasi, karena informasi dan fasilitas yang luas dan lengkap serta mampu membantu bereksplorasi tentang berbagai macam ilmu pengetahuan. Dan di sisi lain didapat pula bahwa internet mampu menurunkan minat studi karena fasilitas yang disediakan dapat menimbulkan perilaku negatif, seperti malas, copy- paste, kecanduan dan sebagainya. Namun di balik itu semua, diketahui bahwa pengaruh umum internet bagi mahasiwaadalah mempermudah cari informasi.
4.2 Saran
Learn is a process. Belajar adalah sebuah proses, yang dilakukan secara terus-menerus. Diharapkan belajar dapat memanfaatkan segala sumber pembelajaran dengan baik. Agar nantinya dapat meraih hasil yang maksimal. Oleh karena itu, dengan terselesaikannya makalah ini, penulis memberikan saran-saran kepada beberapa pihak, antara lain:
1. Bagi Mahasiswa
Mulailah untuk menggunakan internet sebagai salah satu sumber pembelajaran secara bijak. Penggunaan internetpun memerlukan pengaturan waktu yang tepat, agar nantinya tidak ketagihanterhadap aplikasi-aplikasi internet yang kurang penting untuk mahasiswa, atau juga agar tidak terkesan copy-paste saat mengerjakan tugas. Sebagai seorang mahasiswa yang pembelajar, dahulukan apa yang harus didahulukan.



ANGKET PENELITIAN

1. Internet merupakan sambungan yang memungkinkan pertukaran informasi bagi pengguna di seluruh dunia. Internet juga salah satu sumber dalam pembelajaran. Apakah hal ini benar-benar Anda lakukan (yang paling sering)?
1.untuk kesimpulan dari pertanyaan no.1 adalah, bahwa mahasiswa lebih sering menggunakan internet untuk media social

- Ya (13%)

- Tidak (40%)

- Tidak pernah (%)

- Kadang-kadang (47%)

2.keimpulan dari pertanyaan no.2 adalah,  bahwa mahasiswa tidak terlalu sering menggunakn internet untuk keperluan kuliah

- Ya (40%)

- Tidak (33%)

- Tidak pernah (0%)

- Kadang-kadang (27%)

3.kesimpulan dari pertanyaan no.3 adalah, menurut mahasiswa internet kurang-lebih memberikan dampak positif

- Ya (74%)

- Tidak (13%)

- Tidak pernah (0%)

- Kadang-kadang (13%)

4.kesimpulan dari pertanyaan no.4 adalah, menurut mahasiswa internet lebih memberikan dampak negatif

- Ya (33%)

- Tidak (27%)

- Tidak pernah (0%)

- Kadang-kadang (40%)

5.kesimpulan dari pertanyaan no.5 adalah, apabila tidak ada internet mereka tidak terlalu kesulitan dalam segala hal

- Ya (0%)

- Tidak (67%)

- Tidak pernah (0%)

- Kadang-kadang (33%)

6.kesimpulan dari pertanyaan no.6 adalah, mahasiswa lebih sering manggunakan internet untuk hal yang biasa-biasa saja

- Ya (40%)

- Tidak (53%)

- Tidak pernah (0%)

- Kadang-kadang (7%)

7.kesimpulan dari pertanyaan no.7 adalah, bahwa dengan internet bisa lebih membantu mahasiswa untuk menyelesaikan masalahnya

- Ya (14%)

- Tidak (33%)

- Tidak pernah (0%)

- Kadang-kadang (53%)

8.kesimpulan dari pertanyaan no.8 adalah, internet kadang-kadang menjadi pengaruh yang besar untuk diri para mahasiswa

- Ya (0%)

- Tidak (87%)

- Tidak pernah

- Kadang-kadang (13%)

9.kesimpulan dari pertanyaan no.9 adalah, bahwa mahasiswa lebih sering menggunakan internet untuk bermain game online

- Ya (20%)

- Tidak (53%)

- Tidak pernah (0%)

- Kadang-kadang (27%)

10.kesimpulan dari pertanyaan no.10 adalah, bahwa mahasiswa menganggap internet itu dibutuhkan dalam hidup mereka

- Ya (53%)

- Tidak (14%)

- Tidak pernah (0%)




[1]Harefa (2000:83)
[2]Arikunto (2002:108)
[3]Arikunto (2002:108)
[4]Pandia (2004:2)
[5]Pandia (2004:2)
[5]Sidharta (1996:265)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar