BAB III
PAPARAN DAN ANALISIS DATA
3.1 Data Hasil Angket
(Kuesioner)
Dalam pemaparan data hasil
kuesioner ini akan disajikan data dalam bentuk diagram lingkaran. Satu diagram
lingkaran mewakili satu pertanyaan yang ditanyakan pada lembar angket. Sesuai
dengan jumlah pertanyaan yang berjumlah 10 (10) pertanyaan, maka digunakan pula
sepuluh (10) diagram lingkaran. Setiap pemaparan data juga disertai alasan
serta jumlah pemberi alasan, dengan harapan agar mampu menjelaskan serta
mendiskripsikan secara jelas pengaruh penggunaan internet terhadap mahasiswa
Univ Gunadarma.
3.1.2 Penggunaan internet
sebagai salah satu sumber dalam pembelajaran
Berikut ini akan
ditampilkan data mengenai penggunaan internet sebagai salah satu sumber dalam
pembelajaran bagi mahasiswa Univ Gunadarma.
Pertanyaan
: Apakah anda lebih sering menggunakan internet untuk media social?
Diagram
1 : Penggunaan internet bagi kalangan mahasiswa
Dari diagram di atas ditemukan bahwa internet
digunakan lebih banyak digunakan untuk media sosial. Dari 15 mahasiswa, 13% (2
orang) diantaranya mengatakan lebih sering membuka media sosial. Sedangkan 47%
(7 orang) mengatakan kadang-kadang membuka media sosial. 0% mengatakan tidak
pernah membuka media social.
3.1.2
Internet untuk mencari informasi perkuliahaan
Dibawah
ini akan disajikan data mengenai internet dengan segala aplikasinya untuk
mempermudah pencariaan informasi perkuliahaan.
Pertanyan
: Apakah anda
lebih sering menggunakan internet untuk mencari informasi perkulihaan?
Diagram
2 : Internet
untuk mencari informasi perkuliahaan
Dari
diagram di atas ditemukan bahwa internet digunakan lebih banyak digunakan
mencari informasi kuliah. Dari 15 mahasiswa, 40% (6 orang) diantaranya
mengatakan untuk mencari informasi perkuliahaan. Sedangkan 33% (5 orang)
mengatakan bukan untuk mencari informasi perkuliahaan. 27% (4 orang) mengatakan kadang-kadang mencari informasi
perkuliahaan.
3.1.3 Internet memberi efek
positif lebih besar
Pada paparan data di bawah
ini akan dipaparkan mengenai dampak positif internet
Pertanyaan : .Apakah menurut
anda internet memberikan pengaruh positif lebih besar
Diagram 3 : Internet memberi dampak positif
lebih besar
Dari
diagram di atas ditemukan bahwa internet digunakan lebih banyak digunakan untuk
media sosial. Dari 15 mahasiswa, 73% (11 orang) diantaranya mengatakan lebih
besar dampak positif. Sedangkan 14% (2 orang) mengatakan tidak member efek
positif lebih besar. 13% (2 orang)
mengatakan kadang-kadang member dampak lebih besar .
3.1.4 Internet
member dampak negative lebih besar
Dibawah ini akan disajikan
paparan data mengenai dampak negative internet lebih besarPertanyaan : Apakah menurut
anda internet memberikan pengaruh negatif lebih besar ?
Diagram
4 : Internet memberi dampak negative lebih besar
Dari
diagram di atas ditemukan bahwa internet digunakan lebih banyak digunakan untuk
media sosial. Dari 15 mahasiswa, 33% (5 orang) diantaranya mengatakan lebih
besar dampak negatif. Sedangkan 27% (4 orang) mengatakan tidak memberi efek
negatif lebih besar. 40% (6 orang)
mengatakan kadang-kadang memberi dampak negatif lebih besar .
3.1.5 Pengaruh jika tidak
ada internet
Dibawah
ini akan disajikan paparan data mengenai dampak negative internet lebih besar
Pertanyaan
: Apabila
tidak ada internet dalam kehidupan anda, apakah anda merasa kesulitan dalam
segala hal ?
Diagram 5 Apabila tidak ada internet dalam kehidupan
anda, apakah anda merasa kesulitan dalam segala hal
Dari
diagram di atas ditemukan dari 15 mahasiswa, 69% (11 orang) diantaranya
mengatakan kesulitan Sedangkan 31% (5
orang) mengatakan tidak mengalami kesulitan.
3.1.6 Apakah anda
lebih sering menggunakan internet untuk hal-hal yang biasa-biasa saja
Dibawah
ini akan disajikan paparan data mengenai penggunaan internet.
Pertanyaan
: Apakah
anda lebih sering menggunakan internet untuk hal-hal yang biasa-biasa saja
Diagram 6 Apabila tidak ada internet dalam kehidupan anda,
apakah anda merasa kesulitan dalam segala hal
Dari
diagram di atas ditemukan dari 15 mahasiswa, 32% (6 orang) diantaranya
mengatakan penggunaan internet untuk
hal-hal biasa Sedangkan 42% (8 orang) mengatakan tidak. 26% (1 orang )
mengatakan kadang-kadang
3.1.7 Internet
membantu menyelsaikan masalah.
Dibawah
ini akan disajikan paparan data internet membantu menyelsaikan masalah..
Pertanyaan
.Apakah
dengan adanya internet itu sendiri bisa membantu anda dalam menyelesaikan
masalah ?
Diagram 7 : Apabila
tidak ada internet dalam kehidupan anda, apakah anda merasa kesulitan dalam
segala hal
Dari
diagram di atas ditemukan dari 15 mahasiswa, 17% (2 orang) diantaranya
mengatakan internet mempermudah menyelsaikan masalah Sedangkan 41% (5 orang)
mengatakan tidak. 42% (8 orang ) mengatakan kadang-kadang dapat menyelsaikan
masalah.
3.1.8 Apakah internet
memberikan pengaruh yang besar pada kehidupan anda sendiri atau dunia Dibawah ini akan disajikan
paparan data Apakah
internet memberikan pengaruh yang besar pada kehidupan anda sendiri atau dunia
Pertanyaan . Apakah
internet memberikan pengaruh yang besar pada kehidupan anda sendiri atau dunia
?
Diagram 8 : Apabila
tidak ada internet dalam kehidupan anda, apakah anda merasa kesulitan dalam
segala hal
Dari
diagram di atas ditemukan dari 15 mahasiswa, 0% (0 orang) diantaranya
mengatakan ya Sedangkan 87% (13 orang)
mengatakan tidak. 13% (2 orang ) mengatakan kadang-kadang.
3.1.9 internet untuk
bermain game online
Dibawah ini akan disajikan
paparan data Apakah lebih
sering digunakan untuk bermain game online?
Diagram 9 : Apakah anda lebih sering
menggunakan internet untuk bermain game online
Dari
diagram di atas ditemukan dari 15 mahasiswa, 23% (20 orang) diantaranya
mengatakan ya Sedangkan 53% (18 orang)
mengatakan tidak. 27% (4 orang ) mengatakan kadang-kadang.
3.1.10
internet
itu sangat dibutuhkan dalam hidup anda
Dibawah ini akan disajikan
paparan data Apakah
lebih sering digunakan untuk bermain game online
Pertanyaan
.
Dari pertanyaan di atas, apakah menurut anda internet itu sangat dibutuhkan
dalam hidup anda ?
Diagram 9 : Apakah anda lebih sering
menggunakan internet untuk bermain game online
Dari
diagram di atas ditemukan dari 15 mahasiswa, 54% (8 orang) diantaranya
mengatakan ya Sedangkan 2% (13 orang)
mengatakan tidak. 33% (5 orang ) mengatakan kadang-kadang.
BAB IV
KESIMPULAN DAN SARAN
4.1 Kesimpulan
Berdasarkan data hasil
penelitian yang dipaparkan dan analisis data yang yang telah ditampilkan pada
Bab III, maka dapat diambil kesimpulan:
1. Terbukti bahwa ada pengaruhnya adanya
pengaruh internet terhadap efektivitas kehidupan para mahasiswa, pengaruh
tersebut baik secara positif maupun negatif. Dari hasil angket, didapatkan
dampak positif penggunaan internet bagi mahasiwa adalah merupakan sumber
pembelajaran. Internet juga dianggap sebagai sumber pembelajaran yang mampu
meningkatkan minat studi dan kehidupan social maupun pencarian sebuah informasi,
karena informasi dan fasilitas yang luas dan lengkap serta mampu membantu
bereksplorasi tentang berbagai macam ilmu pengetahuan. Dan di sisi lain didapat
pula bahwa internet mampu menurunkan minat studi karena fasilitas yang
disediakan dapat menimbulkan perilaku negatif, seperti malas, copy-
paste, kecanduan dan sebagainya. Namun di balik itu semua, diketahui
bahwa pengaruh umum internet bagi mahasiwaadalah mempermudah cari
informasi.
4.2 Saran
Learn is a process. Belajar adalah sebuah
proses, yang dilakukan secara terus-menerus. Diharapkan belajar dapat
memanfaatkan segala sumber pembelajaran dengan baik. Agar nantinya dapat meraih
hasil yang maksimal. Oleh karena itu, dengan terselesaikannya makalah ini,
penulis memberikan saran-saran kepada beberapa pihak, antara lain:
1. Bagi Mahasiswa
Mulailah untuk menggunakan
internet sebagai salah satu sumber pembelajaran secara bijak. Penggunaan
internetpun memerlukan pengaturan waktu yang tepat, agar nantinya tidak ketagihanterhadap
aplikasi-aplikasi internet yang kurang penting untuk mahasiswa, atau juga agar
tidak terkesan copy-paste saat mengerjakan tugas. Sebagai
seorang mahasiswa yang pembelajar, dahulukan apa yang harus didahulukan.
ANGKET
PENELITIAN
1. Internet merupakan
sambungan yang memungkinkan pertukaran informasi bagi pengguna di seluruh
dunia. Internet juga salah satu sumber dalam pembelajaran. Apakah hal ini
benar-benar Anda lakukan (yang paling sering)?
1.untuk
kesimpulan dari pertanyaan no.1 adalah, bahwa mahasiswa lebih sering
menggunakan internet untuk media social
-
Ya (13%)
-
Tidak (40%)
-
Tidak pernah (%)
-
Kadang-kadang (47%)
2.keimpulan
dari pertanyaan no.2 adalah, bahwa
mahasiswa tidak terlalu sering menggunakn internet untuk keperluan kuliah
-
Ya (40%)
-
Tidak (33%)
-
Tidak pernah (0%)
-
Kadang-kadang (27%)
3.kesimpulan
dari pertanyaan no.3 adalah, menurut mahasiswa internet kurang-lebih memberikan
dampak positif
-
Ya (74%)
-
Tidak (13%)
-
Tidak pernah (0%)
-
Kadang-kadang (13%)
4.kesimpulan
dari pertanyaan no.4 adalah, menurut mahasiswa internet lebih memberikan dampak
negatif
-
Ya (33%)
-
Tidak (27%)
-
Tidak pernah (0%)
-
Kadang-kadang (40%)
5.kesimpulan
dari pertanyaan no.5 adalah, apabila tidak ada internet mereka tidak terlalu
kesulitan dalam segala hal
-
Ya (0%)
-
Tidak (67%)
-
Tidak pernah (0%)
-
Kadang-kadang (33%)
6.kesimpulan
dari pertanyaan no.6 adalah, mahasiswa lebih sering manggunakan internet untuk
hal yang biasa-biasa saja
-
Ya (40%)
-
Tidak (53%)
-
Tidak pernah (0%)
-
Kadang-kadang (7%)
7.kesimpulan
dari pertanyaan no.7 adalah, bahwa dengan internet bisa lebih membantu
mahasiswa untuk menyelesaikan masalahnya
-
Ya (14%)
-
Tidak (33%)
-
Tidak pernah (0%)
-
Kadang-kadang (53%)
8.kesimpulan
dari pertanyaan no.8 adalah, internet kadang-kadang menjadi pengaruh yang besar
untuk diri para mahasiswa
-
Ya (0%)
-
Tidak (87%)
-
Tidak pernah
-
Kadang-kadang (13%)
9.kesimpulan
dari pertanyaan no.9 adalah, bahwa mahasiswa lebih sering menggunakan internet
untuk bermain game online
-
Ya (20%)
-
Tidak (53%)
-
Tidak pernah (0%)
-
Kadang-kadang (27%)
10.kesimpulan
dari pertanyaan no.10 adalah, bahwa mahasiswa menganggap internet itu
dibutuhkan dalam hidup mereka
-
Ya (53%)
-
Tidak (14%)
-
Tidak pernah (0%)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar